31 Travel Hacks Wisata Murah ke Jepang Terbaru

Posted on

Ada yang berencana nge-gembel ke Jepang tahun ini? Yuk, semuanya buruan merapat karena kami akan berbagi 31 travel hacks wisata murah ke Jepang terbaru, nih! Nggak perlu nunggu kaya dulu, karena kamu yang baru bekerja atau baru lulus bisa kok wisata murah ke Jepang.

Kami akan berbagi tips dalam hal persiapan, akomodasi, hingga tips belanja murah di Jepang. Kini, wisata murah ke Jepang nggak lagi mustahil untuk dilakukan. Para milennialls yang hobi travelling pun bisa banget ke Jepang.  Caranya? Ikuti step by step dari kami ya!

Travel Hacks Wisata Murah ke Jepang Terbaru: Persiapan!

Hand holding an old vintage film camera

1. Promo tiket dari e-commerce

“Jeng, aku dapat promo tiket pesawat Rp3,2 juta ke Jepang dari ANA PP, ini murah atau mahal ya?”

Jetdar! Ini mah murahnya kebangetan! Saya dapat pesan WhatsApp dari salah satu teman yang mendapatkan promo tiket pesawat ke Jepang dari Travel*ka. Dia mah memang paling jago urusan hunting tiket murah ke Jepang. Jika kamu pergi berkelompok, segera bagi-bagi tugas saja. Siapa yang bikin itinerary dan siapa yang bertugas hunting tiket pesawat. Kalau mau dapat tiket pesawat murah, harus rajin cek promo di platform e-commerce, terlebih lagi mendekati waktu liburan seperti sekarang ini.

2. Hunting tiket murah di travel fair

Masih belum punya kartu kredit? Yuk, buruan bikin! Kartu kredit seperti BNI, BCA, CIMB Niaga sering menjadi partner travel fair, lho. Dengan begitu, kamu bisa sekalian hunting tiket pesawat murah ke Jepang. Biasanya, promo tiket ini berbentuk cashback dengan nilai mencapai Rp3 juta. Lumayan banget, deh!

3. Jangan terjebak dengan rute Tokyo, Kyoto, dan Osaka

Banyak traveller Indonesia yang terlalu fokus pada tren liburan. Alhasil, mereka mendatangi banyak tempat yang lokasinya berjauhan dan harus naik shinkansen dengan tarif di atas Rp1 juta. Padahal, masih banyak spot asyik yang bisa dikunjungi di sekitar mereka.

Jika ingin hemat, coba kamu menjelajahi satu atau dua kota yang lokasinya berdekatan agar biaya transportasi nggak membengkak. Jepang itu nggak melulu Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Kalau kamu mendarat di Tokyo, bisa mengeskplorasi area Ibaraki, Saitama, Yokohama, dan Chiba. Jika di Osaka, bisa mengunjungi Wakayama, Hyogo, Mie, dan masih banyak lagi.

4. Bawa uang tunai yang banyak

Memang sih credit card bisa dipakai di Jepang, tetapi amannya kamu tinggal saja di Indonesia. Jika membawa CC, nafsu belanja pasti nggak bisa terbendung lagi. Padahal, nilai tukar kartu kredit lebih tinggi dari rate normal, lho tergantung pada kebijakan masing-masing bank dari penyedia kartu kredit yang kamu punya. Artinya, kamu harus membayar lebih mahal jika membeli barang di Jepang dengan kartu kredit. Satu lagi, banyak tempat di Jepang yang hanya menerima pembayaran tunai sehingga usahakan membawa uang tunai yang cukup.

5. Jangan tukar duit di bandara

Kita harus benar-benar cerdik saat menukar uang rupiah ke yen. Hindari kebiasaan serba mendadak dan menukar uang H-1 sebelum berangkat. Terlebih lagi, nilai tukar di bandara dijamin lebih mahal. Tipsnya, seminggu sebelum keberangkatan pantau nilai jual di money changer dan bank. Jika harga sedang turun, segera telepon bank dan kunci harganya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan lebih banyak uang.

6. Beli pass lebih murah di Indonesia daripada di Jepang

Satu lagi nih pentingnya mempersiapkan perjalanan, kamu bisa mendapatkan harga pass yang lebih murah. Jika kamu memutuskan untuk membeli pass tertentu, silakan untuk membeli dari Indonesia karena harganya jauh lebih murah daripada membeli langsung di Jepang. Biasanya, perbedaan harga mencapai 1,000 yen atau sekitar Rp 120 ribu.

7. Sewa kamera dan minta diskon!

Selain beli baru, kamu juga bisa sewa kamera dengan tarif Rp 60-150 ribu/hari! Kalau pergi berombongan, jatuhnya akan jauh lebih murah, tuh! Jangan lupa untuk minta diskon agar biaya sewa makin murah, ya. Biasanya tiap tempat sewa memiliki promo khusus. Makin jago nego, harganya makin murah, tuh.

8. Belajar angle foto smartphone

Kamu nggak harus punya kamera dengan harga berjuta-juta untuk mendapatkan hasi foto yang cakep! Coba searching di YouTube tutorial foto pakai smartphone. Walau fitur kamera smartphone-mu nggak terlalu canggih, hasil foto bisa bagus jika kamu tahu angle foto yang tepat!  Kalau nggak, bisa juga beli lensa smartphone agar fotomu menjadi bagus laiknya hasil jepretan dari kamera canggih.

9. Bawa bon cabe atau mie instan

Wah, buat kamu yang punya lidah Indonesia, dijamin tersiksa banget saat wisata ke Jepang. Saya sarankan, kamu bawa mie instan dan bon cabe. Selain rasanya sesuai selera kita, cara ini juga bisa menghemat biaya makan.

Travel Hacks Backpacking

Vintage camper van with globe

10. Bikin itinerary selengkap-lengkapnya

Ada satu cara agar kamu bisa hemat budget, tenaga, dan waktu saat wisata ke Jepang. Bikin itinerary yang lengkap, meliputi tujuan, waktu, akses, dan biaya transportasi. Dengan begitu, kamu nggak akan salah naik kereta atau bis dan tidak buang-buang waktu dan uang karena salah jalan. Ikuti panduan membuat itinerary dari kami “Bagaimana Cara Menyusun Itinerary ke Jepang?“.

11. Beli paket wisata one day trip online

Masyarakat Jepang sudah terbiasa membeli paket wisata online. Makanya, Jepang punya banyak banget paket one day trip yang dijual dengan harga miring. Beberapa platform juga sering memberi diskon, lho. Dengan ikut paket tour harian ini, kamu bisa merasakan pengalaman berbeda yang kadang sulit diakses oleh wisatawan biasa. Untuk mencari paket tour unik di Jepang dengan harga murah, bisa kamu cek di Tour Jepang.

12. Mendatangi spot wisata gratis di Jepang

Tiket masuk tempat wisata di Jepang sekitar 200 sampai 600 yen. Biasanya, harga ini berlaku untuk kuil, museum, dan situs bersejarah lainnya. Namun, kalau kamu mendatangi tempat wisata modern, harga tiket masuknya bisa di atas 1,000 yen. Untuk mengakali ini, silakan mendatangi spot wisata gratis di Jepang saja! Sudah gratis, tempatnya juga nggak kalah cantik, kok. Beberapa pilihan spot wisata bisa kamu lihat di “10 Tempat Wisata Gratis di Tokyo Cocok untuk Backpacker ke Jepang“.

13. Pakai kupon di majalah

Saya akan membocorkan satu rahasia untuk mendapatkan diskon restoran atau tiket masuk tempat wisata. Jika kalian berada di bandara atau stasiun, segera cari Tourist Information Center. Biasanya, kamu akan menemukan majalah gratis yang di-display di Tourist Information Center. Nggak jarang, ada kupon diskon di dalam free magazine itu, lho! Cek juga masa berlaku kupon agar kamu nggak baper karena promo sudah berakhir.

Travel Hacks Penginapan

Travel Hacks Penginapan

Image credit: misska420 /Pixabay

14. Nginep di tempat temen

Jika ada temen yang sedang kerja atau kuliah di Jepang, boleh tuh dimintai tolong. Jika memang temen deket, bisa nginep di tempat tinggalnya untuk memangkas budget akomodasi. Sebagai gantinya, traktir temenmu dinner! Hitung-hitung balas budi atas kebaikan temanmu.

15. Tidur di bandara

Daripada stay di hotel, kamu bisa memanfaatkan fasilitas bandara di Jepang. Kamu yang harus menunggu transit, bisa ‘nginep’ di bandara. Bandara Jepang sangatlah nyaman sehingga kamu bisa tidur di kursi tunggu jika memang tidak ramai. Pastikan pakai jaket tebal atau selimut sembari menunggu waktu boarding, ya. Baca juga “Tips Menginap di Bandara Internasional Kansai (Gratis)“.

16. Stay di kamar mix

Apakah kamu mencari penginapan murah di Jepang? Kamu bisa menginap di hostel mix dengan tarif sekitar 2,500 yen sampai 3,000 yen saja per malam. Hostel mix memang lebih murah karena satu ruangan dengan banyak bunk bed akan diisi oleh tamu cowok dan cewek. Kalau tidak, kamu bisa stay di hostel murah. Ini dia pilihan “20 Hostel Murah di Tokyo di Bawah Rp500 ribu“.

Travel Hacks Transportasi

JR Yamanote Line E231 Series Train Leaving Tokyo Station

17. Untuk jarak 1-2 km, yuk jalan kaki saja!

Sebelum berangkat wisata ke Jepang, usahakan untuk workout secara rutin. Dengan begitu, kamu nggak akan kehabisan stamina saat harus jalan kaki di Jepang. Jika jarak masih 1-2 km saja, kamu bisa jalan kaki. Hitung-hitung sembari jalan-jalan dan melihat pemandangan kota, bukan?

18. Membeli bus one day pass ticket

Masih berhubungan dengan cara mengeskplorasi suatu kota agar efektif, kamu bisa beli bus one day pass ticket. Harga pass ini sekitar 500-600 yen dan kamu bisa naik bis unlimited seharian di rute yang di-cover pass tersebut. Rute yang di-cover bus ini biasanya adalah tempat-tempat wisata populer di kota tersebut.

Contoh bus one day pass yaitu Kyoto City Bus & Kyoto Bus One Day Pass (600 yen), The Hokutetsu One Day Pass (500 yen), Nara Bus The 1-Day Pass (500 yen), dan lainnya.

19. Hindari naik taksi

Kalau mau hemat di Jepang, haram hukumnya naik taksi, he-he. Tarif taksi di Jepang itu mahal banget, bahkan orang Jepang jarang naik taksi, kecuali saat terdesak saja. Jika sudah kemalaman dan tidak ada kereta yang beroperasi, bisa diatasi dengan “3 Solusi Buat Kamu yang Ketinggalan Kereta Terakhir di Jepang“.

20. Naik pesawat domestik

Nah, buat kalian yang ke mana-mana masih naik shinkansen dan tidak punya JR Pass, saatnya untuk naik pesawat domestik. Jika sudah gabung Miles ANA atau JAL, bisa dapat diskon tiket pesawat yang jauh lebih murah daripada harga tiket shinkansen. Selain ANA dan JAL, ada juga low cost airlines yaitu Peach Aviation, Jetstar Japan, Air Do, Solaseed Air, Skymark Airlines, dll. Baca pengalaman saya di “Apakah Naik Pesawat Osaka ke Tokyo Lebih Murah daripada Shinkansen?“.

Travel Hacks Makanan

Sushi set close-up

21. Isi ulang botol

Harga air mineral di Jepang sekitar 110 yen, kalau dirupiahkan sekitar Rp12 ribu. Daripada beli air mineral, kamu bisa isi ulang botol minum dengan air keran saja! Air keran di Jepang bisa langsung diminum sehingga kamu bisa hemat biaya.

22. Beli makanan diskon di konbini (minimarket)

Mencari makanan “mewah” dengan harga murah? Hunting ke konbini atau minimarket saat malam hari. Jika mendekati waktu kadaluwarsa, harga makanan bisa didiskon hingga 50 persen, lho! Pilihan makanannya pun juga sangat banyak sehingga kamu bisa sekalian wisata kuliner di konbini.

23. Hindari dine in, pilih take out

Sejak 1 Oktober 2019, pajak konsumsi di Jepang naik dari 8 % menjadi 10 %. Namun, kenaikan pajak ini nggak berlaku untuk makanan atau minuman yang dimakan di rumah. Artinya, kalau kamu membeli take out, kenaikan pajak tidak akan berlaku. Silakan membeli makanan di minimarket, lalu disantap di penginapan saja.

Travel Hacks Belanja

Travel Hacks Wisata Murah ke Jepang Terbaru untuk Belanja
Image credit: yuki0328/Pixabay

24. Sewa boots

Khusus untuk liburan musim dingin, kamu nggak perlu beli boots mahal untuk berjalan di atas salju. Namun, kamu bisa menyewa boots dengan biaya 500 yen per hari.

25. Nggak harus kimono, sewa yukata saja yang lebih murah

Untuk kamu yang ingin mencoba pakaian tradisional khas Jepang, pertimbangkan untuk sewa yukata saja. Sewa kimono jauh lebih mahal daripada yukata dan itu belum termasuk hair styling, make-up, dan sewa fotographer. Jika kamu mendatangi tempat wisata populer, biasanya ada persewaan yukata dengan tarif 500 yen saja.

Kamu nggak perlu sewa fotografer, hair styling atau make-up. Cukup sewa yukata dan poles wajah dengan make up yang kamu bawa. Dengan cara ini kamu nggak perlu mengeluarkan banyak uang untuk tampil cantik dengan balutan yukata. Jika kamu tertarik untuk membeli yukata baru atau secondhand, bisa dicari di “5 Tempat Belanja Yukata Murah di Tokyo“.

26. Belanja di hyakuen shop

Jika ingin belanja oleh-oleh dengan harga murah, kamu bisa datang ke hyakuen shop atau toko 100 yen. Toko ini menjual pelbagai produk dengan harga dipukul rata sebesar 100 yen saja. Beberapa toko hyakuen shop di antaranya Daiso, Seria, dan Can Do.

27. Belanja barang preloved

Barang-barnag  preloved atau secondhand yang dijual di Jepang nggak kalah berkualitas dengan barang baru, lho. Daripada membeli pakaian, tas, atau sepatu bermerek yang masih baru, bisa mempertimbangkan untuk membeli barang secondhand saja. Kualitas masih bagus, asli, dan tentu saja harganya murah! Untuk mencari preloved fashion, silakan untuk datang ke “5 Tempat Wisata Murah di Shimokitazawa (Tokyo).

28. Manfaatkan tax free

Jepang menerapkan kebijakan tax free untuk wisatawan asing. Dengan demikian, kamu akan terbebas dari pajak konsumsi sebesar 10 %. Silakan mendatangi toko berlabel Tax Free untuk mendapatkan potongan pajak konsumsi. Selengkapnya, silakan baca “Mau Belanja Bebas Pajak? Ini Caranya!”.

29. Laundry coin

Saat menginap di hotel, hindari memakai fasilitas laundry. Silakan datangi laundry coin di sekitar hotel yang biayanya jauh lebih murah. Bahkan ada beberapa hostel yang dilengkapi dengan coin laundry. Tarifnya sebesar 200 yen untuk mencuci dan 100 yen untuk pengering. Murah banget, deh!

30. Beli tiket murah di Kinken Shop!

Pernah mendengar discount ticket shops? Nah, kalau kamu mencari voucher atau tiket diskon di Jepang, silakan untuk mendatangi kinken shops! Kamu bisa membeli tiket pertandingan, musikal, tiket kereta sampai tiket film dengan harga diskon di toko ini. Kerennya, kamu bisa mendapatkan tiket dengan diskon mencapai 90% dari harga normal, lho.

Namun, tentu saja ada syarat dan ketentuan yang mesti kamu patuhi. Kalau ingin membeli tiket di kinken shop, toko ini biasanya ada di dekat stasiun dan shopping arcade. Mudahnya, silakan cari tulisan 「キケット」atau “kiketto” di depan toko.

31. Manfaatkan wifi gratis

Spot wifi gratis di Jepang sangat banyak. Biasanya ada di ruang publik seperti stasiun dan bandara. Beberapa café dan restoran juga memiliki service free wifi, lho. Namun, ada beberapa lokasi yang meminta kita untuk register sehingga terkesan ribet dan kadang log out otomatis setiap satu jam sekali.

Namun, kalau kamu sudah komitmen untuk hemat biaya, silakan untuk mencari spot wifi gratis. Jika pergi berombongan, bisa dengan sewa wifi router yang bisa dipakai berombongan. Cukup dengan sewa satu wifi router, 10 devices dapat terhubung ke internet. Sekali sewa, biayanya sekitar Rp 80-90 ribu saja. Saya menyewa Ninja Wifi dengan diskon 10% dari Jalan2kejepang.com. Reviewnya bisa dibaca di “Review Wifi Router Terbaik di Jepang, Terbukti Sinyal Stabil di 8 Prefektur!“.

Ini dia 31 travel hacks wisata murah ke Jepang terbaru! Bagaimana, pasti bermanfaat banget, bukan? Untuk kamu yang sudah pernah backpacking ke Jepang, boleh banget share tips di sini. Siapa tahu akan bermanfaat untuk backpacker Indonesia lainnya, kan?

Photo credit: Marco Verch Professional Photographer and Speaker/Flickr

 

The post 31 Travel Hacks Wisata Murah ke Jepang Terbaru appeared first on Jalan-jalan ke Jepang.

Source: www.jalan2kejepang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *