Tips Melihat Hanabi Laiknya Orang Lokal

Posted on

Jika kita bisa bermain kembang api seenak udel tanpa harus izin ke sana-sini, kondisi berbeda harus dialami oleh masyarakat Jepang. Pasalnya, mereka tidak dilarang untuk menyalakan hanabi atau kembang api secara sembarangan. Kembang api jenis sparklers masih boleh dinyalakan secara bebas, tetapi tidak untuk kembang api berukuran besar.

Masyarakat Jepang bisa melihat hanabi hanya pada event khusus saja, seperti pergantian tahun dan festival musim panas. Jika kamu berencana melewatkan musim panas di Jepang, kami akan berbagi tips melihat hanabi laiknya orang lokal.

 

Persiapan Pertama: Cek Detail Acara, Akses, dan Lokasi Strategis

Sparkler 1.jpg
Image credit: Sebastian Grünwald, Own work, CC BY 3.0, Link

Tak peduli seberapa spontannya dirimu, melakukan persiapan sebelum melihat hanabi di Jepang selalu ada manfaatnya, lho. Jangan sampai kamu terjebak drama salah naik kereta, salah lokasi, atau mendatangi lokasi yang kurang strategis gara-gara kurang persiapan.

Jika ingin melihat hanabi laiknya orang lokal, kita harus mulai mensontek budaya orang Jepang yang selalu mempersiapkan segala sesuatu jauh-jauh hari sebelumnya. Pertama, kamu harus mengecek detail acara, seperti nama acara, lokasi atau venue, jam, tanggal, dan bulan.

Kedua, kamu harus mencari tahu informasi akses ke venue acara. Pilih moda transportasi yang paling dekat dengan lokasimu dan nyaman digunakan. Jika ingin naik kereta, cek juga jam terakhir dari kereta tersebut. Jangan sampai kamu kelabakan mencari penginapan karena gagal mengejar kereta terakhir.

Selain kedua poin ini, kamu juga harus mencari tahu informasi lokasi strategis untuk melihat hanabi. Dengan demikian, kamu bisa menyaksikan keindahan malam bertabur kembang api tanpa terhalang tangan atau jembatan karena salah tempat.

Jika sudah tahu lokasinya, usahakan untuk datang lebih awal agar bisa duduk di lokasi strategis ini. Selain itu, kamu nggak perlu terjebak dalam kerumunan orang dan menjadi bete karenanya.

 

Persiapan Kedua: Pakai Kostum Bertema Musim Panas

Yukata tokyo.JPG

Image credit: Sputnikcccp~commonswiki, Own work assumed (based on copyright claims)., CC BY-SA 3.0, Pranala

Hanabi dan yukata adalah dua hal yang mustahil untuk dipisahkan. Pastikan kamu memakai yukata sebelum berangkat melihat hanabi. Berbeda dengan kimono, yukata memiliki bahan yang lebih ringan dan tidak panas sehingga nyaman digunakan saat datang ke event.

Selain itu, yukata juga tidak akan membatasi ruang gerak pemakaiannya sehingga kamu bisa bebas bergerak saat acara. Jika kamu pergi bersama teman, nantinya bisa menyewa yukata bersama-sama dan seru-seruan selama acara. Kalau tidak, kamu bisa hunting yukata murah “5 Tempat Belanja Yukata Murah di Tokyo“.

 

Berangkat dengan Kondisi Prima

Stalls at Fukagawa Matsuri - Tokyo, Japan - DSC05147.jpg
Image credit: Daderot, Own work, CC0, Link

Satu hal yang mesti kamu ingat bahwa event ini akan sangat menguras tenaga. Jika merasa kurang enak badan, kamu harus mempertimbangkan untuk membatalkan rencanamu. Untuk menjaga tubuh tetap fit selama acara, silakan untuk membawa air mineral untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Sebelum berangkat, kamu harus mengisi perut agar memiliki banyak stok tenaga. Jika tidak, kamu bisa wisata kuliner di venue. Ketiga, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membawa kipas manual atau otomatis berdaya baterai. Dengan membawa kipas, kamu tak perlu takut akan kepanasan karena cuaca panas dan kerumunan orang yang padat-merayap.

Oh iya, jika kamu memiliki alergi atau penyakit tahunan, selalu bawa obat di dalam tas. Kalau perlu, silakan bawa juga obat antiserangga karena serangga akan mudah ditemukan selama musim panas.

 

Nikmati Pertunjukan Hanabi Seutuhnya!

Tips Melihat Hanabi seutuhnya
Image credit: Anita Chen dari Pixabay

Bagaimana cara untuk menikmati pertunjukan hanabi seutuhnya? Solusinya adalah jauhkan diri dari smartphone. Segera matikan smartphone saat kamu sudah duduk di lokasi incaran. Alih-alih main ponsel, kamu bisa menggantinya dengan hunting foto atau mengobrol dengan partner kencanmu.

Mengingat kamu sudah bersusah payah datang ke event ini, usahakan untuk menonton acara sampai akhir, ya. Sayang banget kamu sudah mencurahkan segala macam usaha untuk melihat hanabi, tetapi harus balik di tengah-tengah acara. Paling penting, pergi ke toilet lebih awal agar tidak kebelet saat pertunjukkan kembang api berlangsung.

Jika mengikuti tips melihat hanabi ini, kamu bisa berkamuflase dan menikmati musim panas laiknya orang Jepang. Terpenting, pastikan juga kamu memperhatikan faktor keselamatan dan kenyamanan pengunjung lain. Selamat berpesta!!!

 

Sumber: Tsunagujapan.com
Image cover: Inoc, CC BY 2.0, Link

The post Tips Melihat Hanabi Laiknya Orang Lokal appeared first on Jalan-jalan ke Jepang.

Source: www.jalan2kejepang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *